Sabtu, 06 Oktober 2012

TUGAS MINGGU KE 2 ( APA ITU ARSITEKTUR KOMPUTER, KOGNISI MANUSIA, HUBUNGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN KOGNISI MANUSIA)

ARSITEKTUR KOMPUTER
Menururt (scribd.com), komputer adalah merupakan suatu peralatan pemrosesan data yang cukup kompleks, bukan saja sekedar peralatan yang terdiri dari hardware dan software saja tetapi merupakan suatu bagian yang terintegrasi yang melibatkan segi arsitektur maupun organisasi. Dalam memandang suatu sistem komputer maka ada 2 hal yang harus diperhatikan yaitu arsitektural dan organisme. Arsitektural berkaitan dengan dengan sebuah sistem yang tampak bagi seorang user atau pemograman, contoh dari sebuah arsitektuk yaitu:
-         - Jumlah bit
-          -Mekanisme 1/0
-          -Teknik-teknik addressing dari memory
Sedangkan organisasi berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksi (hubungan) yang merealisasikan spesifikasi arsitektural, contoh dari organisasi yaitu:
-          -Hardware pendukung
-          -Signal-signal control dari 1/0 adalah peralatan pendukung laiinnya
-          -interfacing
Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya (Wikipedia).
Menurut Gaol (2004), Arsitektur komputer merupakan komputer yang memiliki susunan beberapa perangkat sebagai penggeraknya dan serin dikatakan suatu skema komputer. Skema ini dibentuk sejak awal permulaan komputer. Organisasi Komputer  adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional. contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Tujuan matakuliah ini adalah mahasiswa bisa mengetahui konsep kerja dari komputer secara keseluruhan (lecturer.eepis-its.edu)
Berbagai pengertian diatas dapat disimpulan arsitektur komputer adalah merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

MENGUKUR KUALITAS ARSITEKTUR KOMPUTER
Sebagaimana arsitektur bangunan, kualitas atau mutu arsitektur komputer tidak mudah diukur. Banyak arsitek komputer menggunakan atribut yang dijelaskan pada bagian berikut ini untuk mengevaluasi mutu arsitektur. Pada bagian ini, kita akan membahas enam atribut mutu arsitektur: generalitas (keumuman), daya terap, efisiensi, kemudahan penggunaan, daya tempa, dan daya kembang (ekpandabilitas).
1.      Generalitas, adalah ukuran besamyajangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur. Sebagai contoh, komputer yang terutama digunakan untuk aplikasi ilmiah dan teknik menggunakan aritmetik floating-point (dengan nomor disimpan dengan penoojuk besrnya dan eksponennya) dan komputer yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan aritmetik desimal (dengan nomor ditampilkan sesuai dengan digit desimalnya).
2.      Daya terap (applicability), adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan
yang telah direncanakannya. komputer dirancang untuk satu dari dua area aplikasi utama: (1) aplikaSi ihniah dan teknis dan (2) aplikasi komersil biasa. Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang biasanya untuk memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik floating point ekstensif.
3.      Efisiensi, adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu
sibuk selama penggunaannya biasa. Arsitektur yang efisien memungkinkan (namun
tidak memastikan) terjadinya irnplementasi yang efisien. PerIu anda catat, bahwa
ada pertentangan antara efisiensi dan generalitas.
4.      Kemudahan, penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer
sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut, kita bisa mengambil contoh dari beberapa komputer yang tidak mempunyai kemudahan penggunaan, dengan perancang compiler sulit mengimplementasikan beberapa bahasa pemrograrnan tingkat tinggi.
5.      Daya terap arsitektur, adalah ukuran kemudahan bagi perancang
untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit untuk
membuat mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6.      Daya kembang (expandability),  adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun
komputer memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang
berjangkauan luas dalarn anggota rumpun. Sebagai contoh, karena arsitektur DEC VAX hanya menentukan ukuran memori secara tidak langsung dan hanya berada dalam batasan luas tertentu.

STRUKTUR DASAR KOMPUTER DAN ORGANISASI KOMPUTER
       Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
-  Unit Masukan (Input Unit), yaitu alat penerima dan pembaca masukan serta media masukan yaitu perantaranya.
-  Unit Kontrol (Control Unit), merupakan suatu unit yang berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem computer
- Unit Logika & Aritmatika (Arithmetical & Logical Unit), adalah suatu unit dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau perhitungan.
- Unit Memori / Penyimpan (Memory / Storage unit),
yaitu unit penyimpanan dana yang dilakukan computer
-  Unit Keluaran (Output Unit), merupakan  hasil pengolahan data melalui memori.

Kelebihan dan kekurangan dari arsitektur komputer yaitu :
Kelebihan:
1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4. Menggunakan teknologi time sharring.
5. Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second).
Kekurangan:
1. Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
2. Harganya sangat mahal.
3. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks.
4. Kerjanya sangat lama.
5. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar.

KOGNISI MANUSIA
KOGNISI
Istilah kognisi berasal dari bahasa Latin cognoscere yang artinya mengetahui. Kognisi dapat pula diartikan sebagai pemahaman terhadap pengetahuan atau kemampuan untuk memperoleh pengetahuan. Istilah ini digunakan oleh filsuf untuk mencari pemahaman terhadap cara manusia berpikir.
Menurut Semiun (2006), kognisi adalah kegiatan mental yang dibutuhkan dalam memperoleh, menyimpan, mendapatkan kembali, dan menggunakan pengetahuan. Kognisi meliputi kesehatan mental, seperti mempersepsikan, belajar, mengingat, menggunaka bahasa, dan berfikir. Dalam kognisi, kita kita mempelajari suatu dan menempatkan sesuatu itu kedalam sistem ingatan kita, mengkomunikasikannya lewat bahasa dengan menggunakan symbol mental dalam menyelesaikan masalah. Dengan kognisi, individu menyadari dan mempertahankan kontak dengan lingkungan internal dan eksternal.
Kognitif merupakan salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi. Perkembangan kognitif merupakan salah satu perkembangan manusia yang berkaitan dengan pengetahuan, yakni semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individeu mempelajari dan memikirkan lingkungannya. (10115fk.blogspot.com)
Kognisi merupakan  aspek-aspek struktur intelek yang digunakan untuk mengetahui sesuatu. Piaget menyatakan bahwa perkembangan kognitif bukan hanya hasil kematangan organisme, bukan pula pengaruh lingkungan semata, melainkan hasil interaksi diantara keduanya (wordpress.com). Kognitif adalah kemampuan berpikir dimana yang menjadi objek berpikirnya terjadi pada diri sendiri. Segala sesuatu tentang pengetahuan, kesadaran, kontrol yang dihasilkan dari proses berpikir yang terjadi pada diri sendiri (psikologi.blogspot.com)

MANUSIA
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain.
Menurut Sudarma (2008), manusia sebagai mahluk individual, sebagai diri pribadi seorang manusia memiliki tugas, fungsi, dan keunikan sendiri. Identitas kedua yaitu, manusia sebagai mahluk sosial pada praktiknya sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya, bahwa setiap manusia membutuhkan peran dari orang lain.
Menurut Piaget, perkembangan kognitif mempunyai empat aspek, yaitu:
 1) kematangan, sebagai hasil perkembangan susunan syaraf
 2) pengalaman, yaitu hubungan timbal balik antara orgnisme dengan dunianya
3) interaksi social, yaitu pengaruh-pengaruh yang diperoleh dalam hubungannya dengan lingkungan social, dan
4) ekullibrasi, yaitu adanya kemampuan atau system mengatur dalam diri organisme agar dia selalu mempau mempertahankan keseimbangan dan penyesuaian diri terhadap lingkungannya.
Berdasarkan beberapa pengertian dan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kognisi manusia adalah kemampuan berpikir dimana yang menjadi objek berpikirnya yang terjadi pada diri sendiri dan segala sesuatu tentang pengetahuan, kesadaran, kontrol yang dihasilkan dari proses berpikir yang terjadi pada diri sendiri. Serta untuk mempelajari suatu dan menempatkan sesuatu itu kedalam sistem ingatan kita, mengkomunikasikannya lewat bahasa dengan menggunakan simbol mental dalam menyelesaikan masalah.

HUBUNGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN KOGNISI MANUSIA
Dari semua penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa struktur kognisi dan arsitektur komputer memiliki hubungan.  Yaitu, manusia memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. Serta untuk mempelajari suatu dan menempatkan sesuatu itu kedalam sistem ingatan kita, mengkomunikasikannya lewat bahasa dengan menggunakan simbol mental dalam menyelesaikan masalah. dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

SUMBER:
http://lecturer.eepis-its.edu/~setia/ORKOMDwnld.html
Jimmy. L. Gaol. (2004). Sistem informasi memahami dan aplikasi. Jakarta: Grasindo
Yustinum semiun, ofm. (2006). Kesehatan mental 3. Yogyakarta: kanisius.
Momon sudarma. (2008). Sosiologi kesehatan. Jakarta: salemba medika.
http://10115fk.blogspot.com/2011/05/proses-kognitif-dalam-proses-belajar-e.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar