Jumat, 12 Oktober 2012

Computer Based Information System (CBIS) dan Evolusinya


CBIS merupakan istilah yang mengacu pada sistem informasi yang dikembangkan berbasis teknologi komputer. Istilah-istilah yang terkait dengan CBIS adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer. Sistem Informasi Manajemen berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer.
Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer-based atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Agar suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memperkenalkan produk barang maupun jasa yang dimilikinya kepada konsumen diberbagai belahan dunia, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang tepat agar dapat memberikan petunjuk aktual tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap komponen dalam perusahaan tersebut. Sistem informasi yang tepat, tentunya akan menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya. Informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya tersebut sangat diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan keputusan strategis perusahaan untuk dapat semakin maju dan bersaing di lingkungan yang penuh gejolak ini. (robi-learning.blogspot.com)

DATA
(romdan.wordpress.com), Berikut adalah tiga pengertian Data dari sudut pandang yang berbeda-beda:
  1. Menurut berbagai kamus bahasa Inggris-Indonesia, data diterjemahkan sebagai istilah yang berasal dari kata “datum” yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan.
  2. Dari sudut pandang bisnis, terdapat pengertian data bisnis sebagai berikut: “Business data is an organization’s description of things (resources) and events (transactions) that it faces”. Jadi data, dalam hal ini disebut sebagai data bisnis, merupakan deskripsi organisasi tentang sesuatu (resources) dan kejadian (transactions) yang terjadi.
  3. Pengertian yang lain mengatakan bahwa “data is the description of things and events that we face”. Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.
Jadi data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

INFORMASI
(romdan.wordpress.com), Berikut juga akan disampaikan pengertian informasi dari berbagai sumber:
  1. Menurut Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System :ConceptualFoundations, Structures, and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.
  2. Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting Information System and Business Organization, dikatakan bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya.
  3. Menurut Robert N. Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control Systems, menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
Dari keempat pengertian seperti tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.

SISTEM INFORMASI
Leod (dalam Fattah, 1995), mengatakan bahwa informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang meiliki arti. Sistem informasi merupakan suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya ( kertahadi, 1995). Tujuannya adalah untuk menyajikan informasi guna pengambilan keputusan pada perencanaa, pemrakarsaan, pengorganisasian, pengendalian kegiatan.

BERBASIS KOMPUTER
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Kontribusi CBIS
Saat ini system informasi merupakan kontribusi yang penting dalam suatu pengendalian manajemen. Hal ini disebabkan karena dari pengendalian manajemen adalah untuk membantu manajemen dalam mengkontribusi dari sub unit-sub unit dan mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai yujuan perusahaan. Manfaat utama dari perkembangan system informasi bagi system pengendalian manajemen adalah :
  •  Penghematan waktu (time saving)
  •  Penghematan biaya ( cost saving )
  • Peningkatan efektivitas
  • Pengembangan teknologi
  •  Pengembangan personel akuntansi.
CBIS biasanya dibedakan menjadi beberapa tipe aplikasi, yaitu: 
a. Transaction processing system (TPS), atau sistem pemrosesan transaksi adalah sistem informasi terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses sejumlah besar data untuk transaksi bisnis rutin. 
b.   Management information system (MIS), adalah sebuah sistem informasi pada level managemen yang berfungsi untuk membantu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menyediakan resume rutim dam laporan-laporan tertentu. 
c.    Decision support system (DDS), merupakan sistem informasi pada level menejemen dari suatu organisasi yang mengkombinasikan data dan model analisis canggih atau peralatan data analisis untuk mendukung pengambilan yang semi terstruktur dan tidak terstruktur. DDS lebih ditunjuk untuk mendukung manajemen dalam melakukan pekerjaan yang bersifaat analistis. Ada beberapa spesifikasi DSS, yaitu: berfokus pada proses keputusan dari pada proses transaksi, dirancang dengan mudah, dioperasi oleh manajer, mampu memberikan informasi yang berguna nagi analisis kegiatan manajerial, dll. 
d.   Expert system and artificial intelligence (ES&AI), ES atau biasa dikenal dengan sistem pakar merupakan representasi pegetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendeteksi suatu masalah. Karakteristik sistem pakar antara lain yaitu, memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pemahaman, memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru, mampu menangani masalah yang kompleks (semi terstruktur). (edriansabanari.blogspot.com)

Pendekatan CBIS
            CBIS dapat digunakan sebagai sistem pendukung saat penerapan atau pengaplikasian (applying) pendekatan sistem. Sebuah sub-sistem CBIS , seperti sistem pendukung keputusan (DDS/decision support system), sistem ahli (expert system), atau aplikasi otomatis perkantoran (office automation application), dapat memberikan dukungan untuk pemisahan keputusan. Hal demikian dapat untuk subsistem CBIS guna mendukung beberapa pekutusan-keputusan semuanya diperlukan untuk memecahkan masalah.

Mengelola CBIS
(inkgie.blogspot.com), yang mengelola CBIS adalah manajer dari unit. organisasional dimana komputer tersebut diterapkan. Manajer yang merencanakan siklus hidup dan mengatur spesialis informasi yang terlibat. Peran yang dilakukan manajer dan spesialisasi informasi selama sistem siklus hidup berlangsung antara lain : 
a. Penggunaan : Mengatur Menyiapkan sistem 
b. Penerapan : Mengatur Menerapkan sistem 
c. Rancangan : Mengatur Merancang sistem melaksanakan penelitian sistem 
d. Analisis Mengatur mendefinisikan MendukungPerencanaan masalah
e. Tahap Manager Spesialis Informasi
 Komputer sistem informasi berbasis (CBIS) menggunakan teknologi komputer untuk melakukan beberapa tugas. Berupak komponen dalam CBIS:
  1. Perangkat keras, yaitu perangkat keras komponen untuk melengkapi kegiatan masukan data, memproses data, dan keluaran data.
  2. Perangkat lunak, yaitu program dan instruksi yang diberikan ke komputer.
  3. Database, yaitu kumpulan data dan informasi yang dionrganisasi sedemikian rupa sehingga mudah di akses pengguna sistem informasi.
  4. Telekomunikasi, yaitu komunikasi yang menghubungkan antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama kedalam suatu jaringan kerja yang efektif.
  5.  Prosedur, yakni tata cara yang meliputi strategi, kebijakan, metode, dan peraturan-peraturan dalam menggunakan sistem informasi berbasis komputer.
  6. Manusia, yaitu personal dari sistem informasi, meliputi meneger, analisis, programer, dan operator, serta bertanggung jawab terhadap perawatan sistem.
 Komputer  merupakan mesin elektronik yang menginput, proses data, menyimpan data, dan menghasilkan output. Data dapat nomor, teks, gambar, grafik, dan suara, dll Program Komputer adalah satu set instruksi. Tanpa itu semua komputer tidak akan berguna.
(romdan.wordpress.com), Pada Sistem Informasi Manajemen yang cukup lengkap, biasanya terdiri dari beberapa sistem informasi yang lebih spesifik cakupannya seperti :
- Sistem Informasi Inventory Control, untuk menyediakan informasi tentang persediaan barang
-  Sistem Informasi Akuntansi, untuk menyediakan informasi tentang transaksi-transaksi keuangan
yang terjadi.
 - Sistem Informasi Personalia, yang menyangkut masalah pendataan karyawan sampai ke penggajian.
 - Sistem Informasi Pemasaran, yang memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penjualan barang, penelitian pasar dan lain-lain.
 
EVOLUSI CBIS
Evolusi dari computer based information system adalah : Pengembangan CBIS mengikuti system life cycle, yang terdiri dari : Siklus hidup suatu sistem bisa berlangsung beberapa bulan ataupun beberapa tahun (dalam satuan bulan atau tahun). Penentu lama dan yang bertanggung jawab atas SLC berulang ialah pemakai CBIS. Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk pengembangan sistem berbasis komputer, pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus hidup sistem. Tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer. Seiiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh spesialis informasi. (blog.agungprastyo.com)
CBIS berevolusi mulai dari fokus awal pada data (bagaimana mendapatkan data), kemudian fokus baru pada informasi (bagaimana mengolah data), fokus revisi pada keputusan (SPK), fokus kini pada komunikasi (otomatisasi perkantoran), dan fokus potensial pada konsultasi (sistem pakar). Berikut adalah penjelasan evolusi CBIS lebih lanjut. (adeirmasuryani.wordpress.com)
1.        Fokus awal pada data (EDP / SIA)
Aplikasi akutansi berbasis komputer ini disebut juga dengan pengolahan data elektronik (EDP). Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi perusahaan dengan aplikasi yang ditandai pengolahan data yang tinggi.
     - Pengolahan data : manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.
     -  Tujuan Pengolahan Data : mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai dalam maupun di luar perusahaan.
2.        Fokus baru pada informasi / SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond McLeod, JR). Dan menurut Gordon B. Davis, SIM merupakan integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional mana. Tujuan SIM adalah memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan sub unit organisasional perusahaan menejemen &pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
3.        Fokus Revisi Pada Pendukung Keputusan (SPK)
Sistem Penunjang Keputusan (SPK) merupakan sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstuktur. Tujuan  SPK :
1)    Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan masalah yang tidak terstruktur.
2)   Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi antar tingkat
3)   Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan
4.        Fokus Kini pada Komunikasi (Otomatisasi Perkantoran) / OA (Office Automation)
Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi. Fungsi OA adalah memudahkan segala jenis komunikasi dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
5.        Fokus Potensial pada Konsultasi (Sistem Pakar)
Program komputer yang berfungsi seperti manusia yaitu memberikan konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah. Komponen Sistem Pakar yaitu:
1)    User Interface : memungkinkan pemakai untuk berinteraksi dengan sistem pakar
2)   Knowledge Base : menyimpan pengetahuan yang digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
3)   Interface Engine : memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base.
4)   Development Engine : digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.

Sumber:
http://www.uvcs.uvic.ca/aspnet/Program/Detail/?code=CBIS
Hanif, al, fattah. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: andi offset http://romdan.wordpress.com/2008/10/27/cbis/
http://marlinapratiwi.blogspot.com/2008/05/computer-based-information-system-cbis.html
http://cbis-inkgie.blogspot.com/
http://blog.agungprastyo.com/evolusi-dari-computer-based-information-system/
http://edriansabanari.blogspot.com/2009/12/cbis-computer-based-information-system.html
http://books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PA142&dq=pengertian+CBIS+menurut+beberapa+ahli&hl=id&ei=FrK3TJGOAsPBcZO_4Z8J&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CCUQ6AEwAA#v=onepage&q&f=false
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis-2/
http://adeirmasuryani.wordpress.com/2012/10/12/cbis-computer-based-information-system-dan-evolusinya/
http://books.google.co.id/books?id=oHi8C1W4N7wC&pg=PA9&lpg=PA9&dq=sistem+informasi+komputer&source=bl&ots=3LTiwE38Gp&sig=h4zsdDpT77jnhTXYBu7PVLHTFZ4&hl=en&sa=X&ei=idV3ULrRDMvKrAf1zoHwBQ&ved=0CDQQ6AEwAg#v=onepage&q=sistem%20informasi%20komputer&f=false
http://arlanwidiantara.blogspot.com/2011/09/evolusi-sistem-informasi-berbasis.html
http://robi-learning.blogspot.com/2011/11/sim-dan-cbis.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar